Selasa, 01 Februari 2011

Kain Tenun Indonesia

Batik wayang
Batik ini berasal dari daerah Yogyakarta. Batik ini merupakan hasil modifikasi yang terinspirasi dari tokoh-tokoh pewayangan Yogyakarta. Yang khas dari batik ini selain dari motifnya juga dalam bidang warna yaitu perpaduan.




Kain ikat Toraja
Motif "sekon" yaitu motif kain Toraja yang terdiri dari bentuk-bentuk meruncing, belah ketupat, segitiga dan bentuk anak panah. Bentuk-bentuk ini secara general melambangkan para leluhur/nenek moyang.




Ulos suji
Kain adat atau ulos yang dikenal dengan nama Ulos Suji -- berasal dari kota Tarutung daerah Batak, Sumatra Utara. Kain ini kaya dan sarat dengan ragam hias songket dari benang emas.





Kain songket
Motif kain songket berasal dari Palembang Sumatera Selatan. Kain songket ini biasa digunakan sebagai selendang. Pada selendang, bagian tengah diberikan motif yang lebih rapat dan berbentuk geometris.








Batik Cirebon
Contoh daerah yang terkenal batiknya di Cirebon adalah daerah Trusmi. Dari daerah inilah lahir berbagai macam model dan corak kain batik khas Cirebon. Batik gaya Cirebon dikenal sebagai batik daerah pesisir
 Tenun Songket Silungkang
Silungkang adalah sebuah desa di Kabupaten Sawahlunto-Sijunjung, Sumatera Barat, Indonesia.Terdorong untuk mencari penghasilan selain dari pertanian, mereka tertarik juga untuk membuat tenun songket sendiri. Untuk itu, mereka mulai mempelajari proses pembuatannya mulai dari alat tenun, benang, konstruksi tenunan sampai proses pewarnaannya. Demikian, sehingga akhirnya mereka dapat membuat kain songket yang kemudian dikenal sebagai Songket Silungkang.





Tenun Grinsing Dari Bali

Grinsing adalah sebuah desa yang sangat unik dan menarik, kurang lebih 17 kilometer dari kawasan wisata Candidasa, Kabupaten Karangasem, Bali. Tenganan.
Oleh masyarakat setempat dan orang umum, hasil tenunan dari Tenganan ini dinamakan kain tenun dobel ikat, dan merupakan satu-satunya di Indonesia serta salah satu dari tiga lokasi di dunia selain di Jepang dan India.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar